Kamis, 15 Maret 2012

BAKSO URAT

RESEP BAKSO URAT

1. Membuat bakso kepengilingan
              lima tahun saya berkecimpung di usaha bisnis bakso dikalimantan, saya membantu paman berjualan bakso sambil kuliah. dalam kurun waktu tersebut membuat saya hafal betul gimana cara membuat bakso enak. rata2 perhari saya bisa menghabiskan 30 Kg daging sapi segar.
   berikut ini saya mau berbagi resep bakso wenak dan mudah, kalau ingin enak bakso buatan anda, maka anda harus ke penggilingan bakso sendiri dan bumbu apa saja yang disiapkan ini dia

A. BAKSO
4 Kg Daging sapi segar (jangan es2an ) pilih bagian Tepong / daging As / daging Punuk.
1 gengam bawang putih yang sudah dikupas
1-2 kotak garam ( garam yang ukurannya kotak kecil-kecil) bila kekurangan garam bakso mudah pecah dan bila kebanyakan bakso akan asin sekali wkkwkkwkk
50 miligram bawang merah goreng
1 sendok teh merica
50 mili gram Gula putih/ Gula merah (fungsinya sebagai penyeimbang garam)
2-3 telor ayam
1 Kg Kanji (sebagai perekat daging)
2-3 saset masako/royko
1 saset penyedap terkecil 20 miligram

 jangan dicampur dulu ya bumbu diatas lihat petunjuk dibawah ini
                 resep ini bisa diganti ukuran pokokny apantokanya kayak gitu. misal anda mau buat 2 kg  daging sapi ya bagi aja semua menjadi 1/2 resep oke ngerti.................
OKe udah siap semua bawa aja kepenggilingan bakso didekat pasar anda kalau ngak salah perkilo Rp 5-10 ribu. ingat pengilingan ada 2 (pertama pengilingan kasar dan kedua penggilingan halus)

                 sisihkan sedikit daging setelah digiling kasar buat isi nanti jadi bakso urat, atau juga bisa diisi telor matang terserah anda.
                  setelah digiling kasar maka bumbu-bumbu diatas dicampur semua, kecuali  kanji karena itu tugas penggiling yang memberikan serahkan tugas itu pada penggiling ke dua.
setelah selesai maka anda akan mendapatkan adonan bakso yang siap dicetak dengan tangan. siapkan plastik buat membawa adonan ke rumah anda.
                   tempatkan adonan bakso kedalam sebuah bak lalu aduk pakai tangan anda sampai kalis lalu siapkan air panas. air jangan mendidih soalnya bakso bisa pecah. mulailah membuat bulatan ditangan anda dengan cara meremas-remas adonan lalu sendok dan masukkan butiran bakso ke dalam air panas.
                  setelah bakso selesai semua maka didihkan bakso tersebut sambil di aduk-aduk jangan sampai mendidih terlalu lama lalu angkat dan tiriskan.
                 air untuk mendidihkan bakso tadi dimasak dengan 2 potong tulang sapi tambahkan bumbu (bawang merah, bawang putih, daun bawang, ( dengan perbandingan 1:3:0,5 ons) dan satu sendok teh merica bubuk) roiko dan penyedap secukupnya. didihkan 2-3 jam
                 tambahkan MIE dan Mie bihun dan siap dihidangkan dengan irisan daun sledri dan Tokolan(kecambah) tergantung selera
selamat mencoba oiya....... jangan lupa kalo dah buat saya dikirimi ya.....

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More