Senin, 12 Maret 2012

pecel

NasiPecelPecel, ya itu namanya, makanan khas Indonesia (khususnya daerah Jawa Timur dan Tengah). Kelezatan bumbu kacang berbaur dengan aneka sayur ditambah dengan peyek dan tempe goreng membuat lidah bergoyang saat menyantapnya. Ditambah dengan nasi panas yang masih mengepul di pagi hari sangat cocok sebagai teman sarapan hmmm……
Tahukah anda bahwa pecel yang mudah kita temukan ini sebenarnya memiliki dua rasa yang khas, orang banyak mengenalnya dengan nama Pecel Madiun dan Pecel Blitar. Trus, apa ya bedanya? Perbedaan utamanya hanya pada kekuatan rasa pedasnya, pecel madiun agak manis dan terasa lembut kacangnya sedangkan pecel blitar lebih menusuk pedasnya dan adukan kacangnya masih agak kasar. Keduanya pun memili teman pendamping yang berbeda. Jika pecel madiun lebih cocok ditambah dengan aneka masakan bumbu bali misal tahu atau telor bali untuk menambah unsur rasa manis, berbeda dengan pecel blitar yang lebih cocok ditemani dengan tempe goreng polos agar rasa pedasnya meluncur di lidah kita.
Trus….trus….??? Sabar, ada lagi hal yang berbeda untuk menikmati keduanya. Ya, sayur yang digunakan juga berbeda. Kacang Panjang yang direbus adalah sayur yang harus ada di keduanya, namun kalo kita sempat berjalan-jalan di daerah jawa timur maka ada sayur sayng sangat membedakannya. Pecel Madiun yang lebih manis lebih cocok dengan aneka rebusan taoge atau kecambah, kol, bahkan sawi juga cocok plus daun kemangi sebagai penyedapnya, kalau suka bisa ditambahkan pete cina. Nah, kalo pecel blitar lebih ekstrim, karena rasanya yang pedas maka cocok disandingkan dengan sayuran yang lebih tajam rasanya seperti daun singkong, daun pepaya, daun kenikir dan beberapa dedaunan yang kita sukai. Hmmm….rasanya tidak sabar untuk segera menikmati kelezatan kedua pecel ini.
Nah, kalo anda ingin merasakan kelezatan asli keduanya tidak ada salahnya datang langsung ke kota aslinya yaitu Madiun dan Blitar. Tapi, kalo jauh dan menghabiskan ongkos sih… membeli bumbunya langsung di pasar tradisional juga tidak ada salahnya. Selamat mencoba ya…….

1 komentar:

Kukuh Nova Putra mengatakan...

Waaah, enak kwi w hahaha

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More